Pengunjung Website
Hari Ini: 1,016
Minggu Ini: 214,324
Bulan Ini: 1,715,988
|
Jumlah Pengunjung: 10,580,378

41 Siswa Sekbang TNI AU A-104 dan PTTA A-6 Jalani Tradisi Penyerahan Wing Penerbang

TNI AU.  Sebanyak 37 siswa Sekolah Penerbang (Sekbang) TNI AU Angkatan ke-104 dan 4 siswa Sekbang Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) Angkatan ke-6 menerima wing penerbang dalam upacara yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Adisutjipto, Marsma TNI Setiawan, S.E., di Apron Baseops Lanud Adisutjipto. Kamis, (16/5/2024).

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wing Day Sekbang A-104 dan PTTA A-6, yang rencananya akan dilaksanakan beberapa waktu mendatang.

Sebelum penyerahan brevet, para siswa Sekbang A-104 maupun Sekbang PTTA A-6 melaksanakan serangkaian kegiatan tradisi dimulai dari Ksatrian Wirambara, kemudian ziarah ke Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto, dilanjutkan long march dari titik Nol KM, melewati Tugu Jogja, menuju Lanud Adisutjipto sembari mendapatkan santi aji dari para Instruktur Penerbang dan diakhiri dengan upacara penyerahan brevet penerbang di Apron Base Lanud Adisutjipto.

Dalam sambutannya, Danlanud Adisutjipto menyampaikan bahwa momen ini merupakan bentuk penghormatan dan kebanggaan terhadap almamater, sekaligus menjadi momentum bersejarah bagi para calon penerbang yang akan memulai pengabdian mereka. 

Lebih lanjut Danlanud mengatakan penyerahan brevet ini menandakan bahwa seluruh siswa telah memenuhi syarat baik secara akademis maupun pelatihan dan siap untuk menjadi penerbang TNI Angkatan Udara, seraya menegaskan bahwa untuk mendapatkannya  diperlukan perjuangan dan pengorbanan yang tidak ringan serta memerlukan dedikasi dan motivasi tinggi dalam belajar. 

“Terus kembangkan jiwa airmanship yang menjadi landasan bertindak setiap airman, dengan memiliki pilar ilmu pengetahuan yang mumpuni serta fondasi kedisiplinan, kemampuan, dan keahlian yang kuat dan terus diasah sepanjang waktu,” pesan Danlanud. 

Penyerahan brevet ini merupakan simbol dari transisi para penerbang muda dari dunia pendidikan menuju tugas sesungguhnya. Diharapkan nantinya akan dapat menjadi penerbang yang tangguh dan profesional, serta mampu memberikan pengabdian terbaik bagi TNI Angkatan Udara dan bangsa Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan ini Danwingdik 100/Terbang, para Kepala Dinas, para Komandan Satuan, dan segenap Instruktur Penerbang.