Pengunjung Website
Hari Ini: 35,555
Minggu Ini: 193,809
Bulan Ini: 1,695,473
|
Jumlah Pengunjung: 10,559,863

Cara Efektif Memberikan Instruksi Menurut Letda Sus Slamet Riyadi

TNI AU. Dalam dunia militer, memberikan instruksi yang jelas dan efektif adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap Prajurit. Instruksi bukan sekadar perintah untuk melakukan tugas, tetapi juga harus mempertimbangkan proses pemberian instruksi itu sendiri, Menurut Kapentak Lanud H.AS Hanandjoeddin Letda Sus Slamet Riyadi pada saat pengarahan di depan Mako Lanud, Kamis (22/8/2024).

"Instruksi bisa diberikan secara lisan maupun tulisan, serta menggunakan alat atau tanpa alat, tergantung pada kebutuhan situasi," imbuhnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas pemberian instruksi. Pertama adalah persiapan, yang meliputi penguasaan bahan, urutan sistematika, dan alat yang mendukung penyampaian instruksi.

Penguasaan bahan memastikan bahwa pemberi instruksi memahami sepenuhnya maksud dan tujuan dari instruksi yang akan disampaikan.

Dalam penyampaian Instruksi tidak bertele-tele dan tepat sasaran. Pengontrolan instruksi juga harus dilakukan dengan cara yang wajar, serius namun tetap santai, agar audiens merasa nyaman namun tetap fokus pada instruksi yang diberikan.

"Selanjutnya dalam pelaksanaan pemberian instruksi, ada beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan, seperti posisi berdiri yang jelas, suara yang terdengar dengan baik, dan kesempatan bagi penerima instruksi untuk bertanya," pungkasnya.