Pengunjung Website
Hari Ini: 52,937
Minggu Ini: 211,243
Bulan Ini: 1,712,907
|
Jumlah Pengunjung: 10,577,297

Danlanud Adisutjipto Hadiri Ziarah di Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto

TNI AU. Yogyakarta. Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Setiawan, S.E., dan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 2 Lanud Adisutjipto Gabungan Kodiklatau Ny. Citra Setiawan menghadiri Ziarah dalam rangka peringatan ke-77 Hari Bakti TNI AU di Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto, Bantul, Yogyakarta, Minggu (28/7/2024).

Kegiatan Ziarah dalam rangka Hari Bakti ke-77 TNI AU ini dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., dan bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu Danskadik 102 Wingding 100/Terbang Letkol Pnb Ferdian Habibi.

Acara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga dan diakhiri dengan tabur bunga ke makam dua pahlawan nasional, yaitu Marsda TNI (Anumerta) A. Adisutjipto dan Marsda TNI (Anumerta) Abdulrachman Saleh, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasanya. 

Upacara ziarah di Monumen Perjuangan TNI AU ini diadakan untuk mengenang peristiwa tragis jatuhnya pesawat Dakota VT-CL, yang mengangkut bantuan obat-obatan dari Palang Mera Malaya pada 29 Juli 1947. Pesawat yang sedang menjalankan misi kemanusiaan tersebut ditembak oleh pesawat P-40 Kittyhawk milik Belanda sesaat sebelum mendarat di Lapangan Terbang Maguwo, yang kini dikenal sebagai Lanud Adisutjipto.

Turut Hadir dalam kegiatan ini Wakasau, Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., M.Tr.(Han), Dankodiklatau, Marsdya TNI Dr. Arif Mustofa, M.M., CGRE., Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Pangkoopsud II dan III, Danseskoau, Wadankopasgat, para Wisudawan, Warakawuri TNI AU, dan keluarga besar Pahlawan serta undangan terkait lainya.