Pengunjung Website
Hari Ini: 35,555
Minggu Ini: 193,809
Bulan Ini: 1,695,473
|
Jumlah Pengunjung: 10,559,863

Danlanud Pattimura Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Merdeka Ambon

TNI AU. Ambon. Danlanud Pattimura kolonel Pnb Jhongsong Henrico Simatupang, M.Han., menghadiri upacara peringatan hari lahir Pancasila yang digelar Pemerintah Provinsi Maluku. Upacara dilaksanakan di lapangan Merdeka, Kota Ambon, Sabtu (1/6/2024) .

Selain Danlanud hadir dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila tersebut yakni Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial dan pejabat Forkopimda lainnya.

Pj Gubernur Maluku Sadali le dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. Ia mengatakan, hari ini 1 Juni 2024 kita memperingati hari lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan, Bapak pemimpin bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945.

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila mempersatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari Pancasila tanggal 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.