Pengunjung Website
Hari Ini: 50,573
Minggu Ini: 154,438
Bulan Ini: 1,656,102
|
Jumlah Pengunjung: 10,520,492

Hari Terakhir Latganda, Siswa Setukpa A-31 Laksanakan Praktek Survival dan Hanlan

TNI AU.  Surakar-Lanud Smo.    Setelah melewati praktek navigasi darat, taktik peleton dan survival, di hari terakhir Latganda ini sejumlah 170 siswa Setukpa angkatan ke-31 melanjutkan praktek survival, perebutan dan patroli hanlan, Jumat (13/9/2024).

Survival merupakan salah satu materi teori pelajaran yang wajib diaplikasikan siswa pada Latihan Berganda (Latganda), yaitu dimana siswa dituntut untuk bertahan hidup didalam suatu kondisi/keadaan dengan mengkonsumsi makanan yang tersedia di alam sekitar. Dalam survival siswa diharuskan membuat tempat perlindungan yang digunakan untuk mengintai datangnya musuh.

Dalam latihan survival yang dilaksanakan di Desa Slare Telaga Cicikan ini dipraktekkan cara membuat jerat dan perkubuan. Pada latihan selanjutnya, dikeluarkan beberapa pengintai yang akan mengumpulkan informasi tentang sasaran yang akan direbut dan diakhiri dengan kegiatan praktek patroli hanlan, yang keduanya dilaksanakan di Detasemen TNI AU Koopsud II Pacitan. 

Latganda siswa Setukpa angkatan ke-31 dibawah Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat) Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko, S.Sos., M.M., dan turut mendampingi latganda Komandan Latihan (Danlat) yaitu Komandan Setukpa Kolonel Pnb Kisworo ,S.E., serta para pelatih Setukpa. (Pen Lanud Smo).