Pengunjung Website
Hari Ini: 3,097
Minggu Ini: 216,416
Bulan Ini: 1,718,080
|
Jumlah Pengunjung: 10,582,470

Kadissurpotrudau Membuka Focus Group Discussion Dissurpotrudau Road To Pusgeosau

TNI AU. Jakarta, Kepala Dinas Survei dan Pemotretan Udara (Kadissurpotrudau) Marsma TNI Ardhi Tjahjoko membuka dan mengikuti jalannya Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Hotel Harper Jakarta Timur, Rabu 20/09/2023.

Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang mengangkat tema “Dinas Survei dan Pemotretan Udara TNI Angkatan Udara (Dissurpotrudau) Road To Pusat Geospasial TNI Angkatan Udara (Pusgeosau)”. Kadissurpotrudau memberikan sambutan mengenai rencana pengembangan organisasi Dissurpotrudau menjadi Pusgeosau sekaligus memantapkan langkah ke depan sebagai walidata foto udara dan peta aeronautika. Saat ini Dissurpotrudau memiliki peran dan fungsi dalam pembinaan dan penyediaan informasi geospasial untuk kepentingan TNI Angkatan Udara/TNI maupun kementerian dan lembaga terkait. Perlunya validasi organisasi Dissurpotrudau menjadi Pusat Geospasial TNI Angkatan Udara merupakan salah satu upaya dalam optimalisasi pelaksanaan tugas yang diembannya.

Sebagai penyedia data geospasial yang dihadapkan dengan perkembangan teknologi saat ini, Dissurpotrudau diharapkan mampu menghadapi setiap perubahan informasi geospasial yang dinamis imbuh Kadissurpotrudau.

FGD tersebut menghadirkan 4 narasumber berkompeten yang terdiri dari kalangan civitas akademisi, Kementerian dan Lembaga serta perusahaan yang berkecimpung dalam bidang Geospasial. Adapun nama para narasumber yang hadir untuk turut memberikan pencerahan, antara lain Prof. Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc. sebagai Guru Besar Universitas Indonesia, Kolonel (Mar) Iwan Hermawan selaku Kasubdit Survei dan Pemetaan Ditwilhan Kemhan, dan Bapak Faris Sofi dari PT. Esri Indonesia. Sedangkan narasumber dari Dissurpotrudau adalah Kasubdislabpotrud yang dijabat oleh Kolonel Sus Hadi Setiawan, S.Si, MSc. FGD tersebut mendapat antusias yang luar biasa dari para peserta, yang turut mendukung terbentuknya validasi organisasi Disurpotrudau menjadi Pusgeosau.

Prof. Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc. mengatakan bahwa Road To Pusgeosau merupakan Langkah yang sangat baik bagi dinas untuk berupaya menuju ke depan dalam memanfaatkan teknologi Geospasial serta meningkatkan sumber daya manusianya dalam pemanfaatan data Geospasial. Salah satu bentuk berbagai kepentingan salah satunya bidang Pertahanan ungkap Guru Besar Universitas Indonesia. Narasumber berikutnya Kolonel (Mar) Iwan Hermawan selaku Kasubdit Survei dan Pemetaan Ditwilhan Kemhan sangat mendukung dan apresiasi yang tinggi kepada Kadissurpotrudau yang berupaya menjadikan Dissurpotrudau menjadi Pusgeosau, yang tentunya perlu menyiapkan segala sesuatunya supaya niat baik tersebut berhasil bagi kepetingan bangsa dan negara. Sebagai narasumber terkahir Bapak Faris Sofi dari PT. Esri Indonesia, memaparkan tentang aplikasi penggunaan Teknologi Geospaial serta kemajuannya pada saat ini. Masukan serta saran pendapat dari narsumber sangatlah berarti untuk organisasi baru nantinya yaitu Pusgeosau.

Di akhir acara Kadissurpotrudau memberikan cinderamata kepada narasumber sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terimaksih atas saran serta masukannya.

[gallery size="medium" ids="348512,348509,348510,348511"]