Pengunjung Website
Hari Ini: 7,417
Minggu Ini: 165,733
Bulan Ini: 1,667,397
|
Jumlah Pengunjung: 10,531,787

Kaskoopsudnas Hadiri Seminar Pasis Sekkau Angkatan ke-115

TNI AU. Kepala Staf Koops Udara Nasional (Kaskoopsudnas) Marsda TNI Donald Kasenda, S.T., S.IP., M.M., menghadiri Seminar yang di gelar Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara (Sekkau) Angkatan ke-115 , di Gedung Pramanasala, Sekkau, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (4/9/2024).

Seminar turut dihadiri oleh sejumlah pejabat TNI AU, mengangkat tema "Pertahanan Nasional dalam Mengamankan Ibu Kota Nusantara", dan  judul naskah seminar "Pengembangan Kekuatan Lanud Sam Ratulangi, Guna Melindungi Ibu Kota Nusantara dari Ancaman Udara". 

Tampil sejumlah narasumber, yaitu Asrena Kasau Marsda TNI Wayan Superman, Dankosek IKN Marsma TNI Abdul Haris, M.M.POL., M.M.O.A.S., dan pakar Studi Strategis Universitas Pertamina, Dr. Ian Montratama, S.E., M.E.B., M.SI. (HAN).

Dankodiklatau Marsdya Dr. Arif Mustofa, M.M., CGRE., sebagai Keynote Speaker dan sekaligus membuka seminar,  mengatakan, perpindahan Ibu Kota Negara ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan sekadar pembangunan infrastruktur, tetapi juga langkah besar mengubah peta pembangunan dan ekonomi, yang sekaligus membawa tantangan baru dalam hal keamanan dan pertahanan nasional.

Lebih lanjut, Dankodiklatau mengatakan, untuk menghadapi tantangan tersebut, TNI AU perlu mengambil langkah strategis dan komprehensif,  salah satu konsep yang dapat diimplementasikan di Lanud Sam Ratulangi adalah Smart Defense.

Dalam kesempatan yang sama, Dansekkau, Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo, S.A.P., M.Si., dalam sambutannya berharap kegiatan seminar dapat menjadi media memperluas wawasan serta kontribusi positif, Pasis Sekkau A-115,  dalam upaya mengamankan IKN melalui pemanfaatan teknologi sensor yang canggih untuk meningkatkan kemampuan deteksi dini terhadap ancaman smart defense di Lanud Sam Ratulangi, Manado.