Pengunjung Website
Hari Ini: 655
Minggu Ini: 213,970
Bulan Ini: 1,715,634
|
Jumlah Pengunjung: 10,580,024

Lanud Harry Hadisoemantri Memperingati ke-72 HUT Komando Operasi Udara

[caption id="attachment_334162" align="alignleft" width="300"]Lanud Harry Hadisoemantri Memperingati ke-72 HUT Komando Operasi Udara  [/caption]

TNI AU. Komandan pangkalan TNI AU Harry Hadisoemantri Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, S.H., M.Han., diwakili Kadislog Mayor Kal Sandi Ramdani, S.Si., pimpin pelaksanaan Upacara dalam rangka memperingati ke-72 Hut Komando Operasi Udara di Lapangan Upacara Lanud Harry Hadisoemantri Ds. Bange Kec. Sanggau Ledo Kab. Bengkayang Kalimantan Barat. Rabu (15/06/2023).

Dalam sambutan yang dibacakan Kadislog, Panglima Koops Udara Nasional mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Komando Operasi Udara, kepada seluruh personel Koops Udara di wilayah penugasan masing-masing. Diiringi doa dan harapan semoga keluarga besar Koops Udara senantiasa dalam limpahan Rahmat dan perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Sejak dibentuk pada tanggal 15 Juni 1951, Komando Operasi TNI Angkatan Udara telah menorehkan banyak tinta emas dalam sejarah pengabdiannya. Pengalaman tersebut hendaknya dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk semakin memantapkan peran dan tugas Koops Udara ke depan.

[caption id="attachment_334163" align="alignright" width="300"]Lanud Harry Hadisoemantri Memperingati ke-72 HUT Komando Operasi Udara  [/caption]

Selama kurun waktu tujuh puluh dua tahun perjalanan, Komando Operasi Udara telah turut serta secara aktif dalam mengabdikan diri demi keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara. Selama perjalanan tersebut, Koops Udara telah mengukir berbagai prestasi penugasan, baik melalui Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang, di dalam maupun di luar negeri. Dalam tahun ini beberapa pencapaian yang patut kita banggakan dan apresiasi diantaranya adalah turut serta aktif dalam operasi pengamanan wilayah udara nasional, pengamanan wilayah perbatasan negara dan pulau-pulau terluar, evakuasi WNI di Sudan, pengamanan KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo, serta berbagai kegiatan dukungan operasi udara dalam mendukung program pembangunan nasional.

[caption id="attachment_334161" align="alignleft" width="300"]Lanud Harry Hadisoemantri Memperingati ke-72 HUT Komando Operasi Udara  [/caption]

Begitu juga dengan terlaksananya latihan operasi udara gabungan di tingkat Kotama, yaitu Latihan Jalak Sakti, Latihan Sikatan Daya, dan Latihan Kasuari Perkasa yang telah berjalan dengan aman dan lancar, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan menguji satuan jajaran Koops Udara dalam melaksanakan tugas operasi udara di wilayah udara NKRI.

"Oleh karena itu, saya menekankan kepada seluruh prajurit Koops Udara agar mengedepankan cara kerja yang komunikatif, kolaboratif, dan profesional untuk mengatasi berbagai tantangan ke depan. Saya yakin hal tersebut akan dapat mewujudkan semangat Abhibhuti Antarikshe, serta siap mendukung tugas mewujudkan komitmen TNI Angkatan Udara menjadi kekuatan yang disegani di kawasan. Hal ini sesuai dengan tema Berlandaskan Jiwa Profesional, Modem, Dan Tangguh, Koops Udara Siap Mendukung Tugas TNI Angkatan Udara Dalam Rangka Mewujudkan Angkatan Udara Yang Disegani Di Kawasan," tegasnya. Di akhir sambutannya Pangkoopsudnas menyampaikan Dirgahayu Komando Operasi Udara "Abhibhuti Antarikshe".