Pengunjung Website
Hari Ini: 4,687
Minggu Ini: 339,877
Bulan Ini: 1,341,453
|
Jumlah Pengunjung: 12,555,217

Pangkoopsud I Selaku Dansatgasud Turus Serta dalam Apel Kesiapan Personel dan Alutsista TNI AU dalam rangka Pengamanan VVIP.

TNI AU.  Pangkoops Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin selaku Komandan Satuan Tugas Udara turut serta dalam pelaksanaan Apel gelar kesiapan personel dan alutsista TNI AU dalam rangka pengamanan VVIP berkaitan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, yang dipimpin oleh Pangkoopsudnas Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M. Bertempat di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma. Kamis, (17/10/2024).

Dalam Apel gelar kesiapan tersebut, personel dari TNI Angkatan Udara yang dilibatkan berjumlah 2254 yang terdiri dari prajurit Kopasgat, unsur pertahanan pangkalan termasuk air crew. Kemudian alutsista yang dilibatkan diantaranya satu flight (terdiri dari 4 pesawat) pesawat tempur F-16 dari Lanud RSN (Pekanbaru), 8 pesawat angkut dari Boeing Intai Skadron Udara 5 Lanud HND (Makassar), Boeing VVIP Skadron Udara 17 Lanud HLM, beberapa pesawat CN 295, pesawat Hercules tipe J (yang terbaru), dan 8 Heli Caracal yang dilengkapi senapan dan Heli Medevac dari Lanud ATS, serta beberapa kendaraan rantis TNI AU lainnya. 

Dalam amanatnya terkait Apel tersebut Pangkoopsudnas menilai bahwa kesiapan personel maupun alutsista, sangat baik. Kita siapkan semua yang terbaik dalam rangka pengamanan VVIP dan sesuai dengan direktif dari Panglima TNI kita besok (Jumat, 18/10) akan melaksanakan Apel gelar kesiapan di Monas yang akan diambil langsung oleh Panglima TNI.

Lebih lanjut Pangkoopsudnas menekankan kepada seluruh peserta Apel bahwa hal ini adalah suatu kebanggaan dan kehormatan untuk kita semua, dalam mendukung hajat nasional pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2024. “Untuk itu, kita harus standby 24 jam serta senantiasa waspada dan siap untuk mengawal kegiatan nasional ini, karena tamu-tamu dari Kepala Negara sahabat serta tamu undangan lainnya, ada beberapa pesawat yang akan mendarat baik di Lanud HLM maupun di Bandara Soetta pada malam atau dini hari, kita harus selalu pantau agar pesawat tersebut dapat benar-benar mendarat dengan baik dan aman” tegas Pangkoopsudnas.

Menutup amanatnya Pangkoopsudnas berpesan kepada seluruh peserta Apel, “Laksanakan amanah dan tanggungjawab ini dengan penuh totalitas serta jaga kesehatan dan juga jaga selalu marwah TNI AU saat kalian bertugas. Saya yakin kalian bisa melaksanakan dengan baik, dan mari kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa mudah-mudahan hajat nasional pelantikan Presiden dan WakiI Presiden Republik Indonesia dapat berjalan dengan aman, tertib dan tidak ada kendala apapun” pungkas Alumni AAU ’91 tersebut.

Turut hadir dalam Apel gelar pasukan tersebut Para Asisten Koops Udara Nasional, Danlanud Halim Perdanakusuma, Para Danskadron Udara terkait.