Pengunjung Website
Hari Ini: 37,348
Minggu Ini: 195,664
Bulan Ini: 1,697,328
|
Jumlah Pengunjung: 10,561,718

Panglima Koops Udara Nasional Tutup Latihan Bersama Elang Ausindo 2023

Panglima Koops Udara Nasional Tutup Latihan Bersama Elang Ausindo 2023 Panglima Koops Udara Nasional Tutup Latihan Bersama Elang Ausindo 2023

TNI AU. Jakarta. Panglima Koops Udara Nasional Marsdya TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., bersama AVM RAAF Glen Edward Braz secara resmi menutup Latihan Bersama (Latma) Elang Ausindo 2023 yang berlangsung di Lantai 2 VIP Room Pemprov Sulawesi Utara Bandara Internasional Sam Ratulangi, Mapanget, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (27/09/2023).

Dalam sambutannya, Panglima Koops Udara Nasional mengatakan bahwa hubungan bilateral antara TNI Angkatan Udara dan Royal Australian Air Force (RAAF) telah terjalin dengan begitu baik, hal ini dapat terlihat dengan banyaknya kolaborasi kerjasama baik dalam bentuk latihan bersama, kunjungan kehormatan, maupun pertukaran pelajar dalam program pendidikan.

"Tahun ini, kita merayakan 30 tahun kerjasama Latihan Elang Ausindo yang ditandai dengan hadirnya pesawat tempur F-35 untuk petama kalinya di langit Indonesia guna mendukung latihan bersama ini," jelas Panglima.

Panglima Koops Udara Nasional Tutup Latihan Bersama Elang Ausindo 2023

Di akhir, Panglima mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta dan pihak terkait, khususnya Lanud Sam Ratulangi Manado, Angkasa Pura, PLLU, serta seluruh lembaga yang mendukung latihan ini. Terimakasih juga disampaikan kepada Delegasi RAAF untuk pengalaman dan pengetahuan yang sudah diberikan selama latihan bersama dilaksanakan.

Panglima Koops Udara Nasional Tutup Latihan Bersama Elang Ausindo 2023

Sebelumnya, Latihan Bersama Elang Ausindo 2023 ini berlangsung dengan sukses melibatkan pesawat tempur F-16 TNI AU dan F-35 RAAF, serta didukung oleh unsur Heli NAS-332 Super Puma TNI AU, yang berlangsung di Lanud Sam Ratulangi Manado sejak tanggal 18 s.d. 26 September 2023.

Kolaborasi antara dua negara dalam latihan penerbangan ini menunjukkan tingkat kesiapan dan kerja sama yang tinggi dalam menghadapi berbagai skenario darurat. Pesawat F-16 TNI AU dan F-35 RAAF termasuk dua dari pesawat tempur canggih di dunia, bekerja bersama-sama untuk menguji keterampilan penerbangan dan strategi pertahanan udara.

Panglima Koops Udara Nasional Tutup Latihan Bersama Elang Ausindo 2023Dengan berakhirnya Latihan Bersama Elang Ausindo 2023 yang sukses, kedua negara dapat menilai dan meningkatkan kemampuan pertahanan udara mereka serta memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Turut hadir dalam acara penutupan ini, Pangkoops Udara II Marsda TNI Andi Kustoro, S.E., Waasops Kasau Marsma TNI Suliono, S.Sos., Asops Kaskoops Udara Nasional Marsma TNI Ian Fuady, Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib, S.E., M.M., Atase Pertahanan Udara Australia Captain Keneth Larnach Bowes, FLTLT Connor Marcus Haas, para pejabat Mabesau, para pejabat Koops Udara II, para pejabat Lanud Sri, serta seluruh penerbang yang terlibat Latma.

  Panglima Koops Udara Nasional Tutup Latihan Bersama Elang Ausindo 2023

Panglima Koops Udara Nasional Tutup Latihan Bersama Elang Ausindo 2023