Pengunjung Website
Hari Ini: 49,333
Minggu Ini: 153,224
Bulan Ini: 1,654,888
|
Jumlah Pengunjung: 10,519,278

Pasis Seskoau A-61 Pelajari Transformasi Keamanan Siber Berbasis AI di Jajaran TNI

TNI AU. Lembang. Dalam upaya memahami transformasi keamanan siber berbasis Artificial Intelligence (AI) di era digital, Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan ke-61 Tahun Pelajaran 2024 melaksanakan Kuliah Kerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (KK Iptek) di beberapa satuan siber di jajaran TNI yang berada di Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Dalam kegiatan tersebut, para Pasis dibagi menjadi lima kelompok yang masing-masing mengunjungi berbagai satuan terkait. Kelompok pertama mengunjungi Satuan Siber TNI yang dipimpin oleh Dirjiandiklat Kolonel Pnb M. Arifin. Kelompok kedua menuju Satuan Intel Geospasika Bais TNI di bawah pimpinan Kakordos Seskoau Marsma TNI Dr. Ir. Muhammad Zuhdizul, M.T., CIQaR. Sementara itu, kelompok lainnya mengunjungi Pusat Sandi dan Siber Angkatan Darat (Pussansiad) dipimpin oleh Seslem Seskoau Kolonel Lek Ade Teguh Budiana, Satsiberal yang dipimpin oleh Dirmin Seskoau Kolonel Tek Lully Hermawan, serta Satuan Siber Dispamsanau yang dipimpin oleh Dirjianstratops Kolonel Pnb Antonius Adi.

Dalam sambutannya, Danseskoau Marsda TNI Eding Sungkana, S.A.B., M.Tr.(Han), yang diwakili oleh para pejabat Seskoau, menekankan pentingnya kuliah kerja ini sebagai bagian dari kurikulum pendidikan Seskoau. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi yang akurat, termasuk konsep kebijakan, pengembangan organisasi, penerapan teknologi, infrastruktur, serta pembinaan sumber daya manusia dalam mendukung pertahanan siber di lingkungan TNI.

"Oleh karena itu, kepada seluruh satuan siber di jajaran TNI, kami berharap Perwira Siswa diberikan akses yang luas untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan. Informasi ini akan sangat bermanfaat dalam penyusunan naskah tulisan yang akan dipresentasikan pada lokakarya bulan Oktober mendatang," ujar Danseskoau.

Ia juga menekankan agar para Pasis serius dalam menyerap informasi yang diberikan selama kunjungan ini. "Kunjungan ini merupakan kesempatan berharga yang tidak boleh disia-siakan. Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk memperdalam pemahaman dan wawasan," tambahnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam bagi para Pasis Seskoau dalam menghadapi tantangan keamanan siber yang semakin kompleks di era teknologi modern berbasis AI.