Pengunjung Website
Hari Ini: 3,272
Minggu Ini: 216,591
Bulan Ini: 1,718,255
|
Jumlah Pengunjung: 10,582,645

Peringatan Tahun Baru 1445 Hijriah Di Lanud Leo Wattimena

Peringatan Tahun Baru 1445 Hijriah Di Lanud Leo WattimenaTNI AU. Bertempat di masjid Al-Afandi Lanud Leo Wattimena dilaksanakan peringatan Tahun Baru Islam 1445 H / 2023 yang bertemakan “Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1445 H/2023 M Kita Tingkatkan Taqwa, Manfaatkan Akhlak Mulia dan Kuatkan Persaudaraan”, dalam kegiatan ini Komandan Lanud Leo Wattimena Kolonel Pnb Tubagus Hasan Abdurahman, M.Han., hadir langsung bersama Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 8 Daerah III Lanud Leo Wattimena Ibu Siska Tubagus Hasan.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat Al Quran dilanjutkan sambutan komandan Lanud Leo Wattimena yang menyampaikan Tahun Baru Islam 1445 H pasti diawali dengan satu bulan yang kita sebut dengan bulan Muharram yang mana bulan ini adalah bulan kedua setelah bulan Ramadan dan dikenal dengan ulang tahun islam dan dengan kita merayakan tahun baru Islam ini, semangat kita juga dibilang semangat baru untuk lebih baik kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Setelah itu dilanjutkan Tausyiah Agama Ustadz Hj Abdul Karim, S.Ag. Tahun baru islam secara sejarah mengapa dipilih bulan muharram, pada dasarnya melalui musyawarah para khulafaur rasyidin yang kemudian pendapat dari ali bin abi thalib yang ditetapkan yakni tahun baru islam pada bulan muharam, karena pada bulan itu awal mula Hijrah Rasulullah.

Secara akidah, tahun baru islam yang diawali dengan bulan muharram karena banyaknnya hikmah, kejadian, peristiwa maupun hikmah dan keutamaan agama yang turun pada bulam muharram ini. Salah satu peristiwa besarnya adalah pada bulan ini merapakan bulan fimana nabi Adam melakukan taubatnya. Kejadian lain adalah taubatnya nabi yunus yang ditandai dengan keluarnya nabi yunus dari perut ikan karena di dalam perut ikan tersebut Nabi yunus bertaubat.

Adapula kejadian-kejadian lainnya yang mulia yang menunjukan ke Agungan Allah SWT pada bulan Muharram. Hal inilah yang baik secara hikmah maupun secara sejarah menjadikan Tahun Baru Islam ditetapkan dan diawali pada bulan Muharram.

Setelah tausiyah acara dilanjutkan dengan sholat berjamaah, pembacaan yasin dan diakhiri dengan doa bersama. Kegiatan di ikuti dengan khidmat oleh seluruh personel Lanud dan pengurus PIA Ardhya Garini yang hadir.