Pengunjung Website
Hari Ini: 50,573
Minggu Ini: 154,438
Bulan Ini: 1,656,102
|
Jumlah Pengunjung: 10,520,492

Perwira Siswa Seskoau A-61 Melaksanakan Latihan Pra PKB Opsgab

TNI AU.  Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) Angkatan ke-61 melaksanakan Latihan Pra Pekan Kegiatan Bersama (PKB) Operasi Gabungan (Opsgab) di Ruang Yudha, Pusat Olah Yudha Seskoau, Lembang, Bandung Barat. Senin, (26/08/2024). 

Latihan ini merupakan langkah awal bagi seluruh Pasis Seskoau A-61 dalam mempersiapkan diri menuju pelaksanaan PKB Opsgab antar Sesko Angkatan, yang akan digelar pada akhir September mendatang. Kegiatan ini dibuka oleh Komandan Seskoau, Marsda TNI Eding Sungkana, S.A.B., M.Tr. (Han)., yang menekankan pentingnya latihan ini sebagai persiapan internal bagi para Pasis sebelum menghadapi PKB Opsgab.

Danseskoau Marsda TNI Eding Sungkana menyatakan bahwa Latihan Pra PKB Opsgab ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan Pasis dalam sinkronisasi pelaksanaan proses perencanaan dan pengambilan keputusan dalam operasi gabungan. Selain itu, latihan ini juga akan membekali Pasis dengan pengetahuan tentang Proses Pengambilan Keputusan Militer, garis komando dan pengendalian operasi, serta kemampuan merumuskan konsep rencana operasi gabungan dalam konteks Operasi Militer Perang (OMP).

“Oleh karena itu, saya mengharapkan para Perwira Siswa dapat berlatih dengan sungguh-sungguh dalam melaksanakan setiap tahap latihan dalam Proses Pengambilan Keputusan Militer,” ujar Komandan Seskoau.

Latihan ini akan berlangsung selama lima hari, hingga 30 Agustus 2024, sebagai pengenalan awal terhadap kegiatan latihan posko. Selama periode ini, Pasis akan terlibat dalam diskusi mendalam dan analisis skenario yang dirancang secara khusus. 

Tema Latihan Pra PKB Opsgab kali ini adalah “Kogab TNI Menyelenggarakan Kampanye Militer di Mandala Operasi Kolomee Island dalam Rangka Melaksanakan Tugas Pokok TNI,” yang dipilih untuk menyamakan fokus latihan dengan PKB Opsgab antar Sesko TNI dan Sesko Angkatan pada tahun ajaran 2024.

“Untuk itu, dengan Latihan Pra PKB ini, saya mengimbau para Pasis agar melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Kesempatan ini sangat penting untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan menjaga kesehatan selama proses latihan,” tambah Marsda TNI Eding Sungkana.

Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Wakil Komandan Seskoau Marsma TNI Tahyodi, S.A.P., Kakordos Seskoau Marsma TNI Dr. Ir. Muhammad Zuhdizul, M.T., CIQaR, para Dosen dan Patun Seskoau, serta seluruh Pasis Seskoau Angkatan ke-61.