Pengunjung Website
Hari Ini: 1,834
Minggu Ini: 154,788
Bulan Ini: 1,699,551
|
Jumlah Pengunjung: 12,913,315

Ribuan Masyarakat Dan TNI Merayakan Peringatan HUT Ke-79 TNI Di Provinsi Sumatera Utara

TNI AU. Bertempat dilapangan Astaka Pancing Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Ucok Enrico Hutadjulu, S.H., M.M., CHRMP., beserta Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 15/D.I Lanud Soewondo Ny. Dina Ucok E Hutadjulu menghadiri peringatan upacara HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2024. Sabtu (5/10/2024).

Meski turun hujan, pelaksanaan upacara HUT ke-79 TNI di Provinsi Sumatera Utara berjalan aman dan lancar, di tengah guyuran hujan para peserta upacara tetap semangat melaksanakan Parade.

Pada kesempatan tahun ini, TNI AU yaitu Lanud Soewondo dipercaya sebagai ketua Panitia penyelenggaraan HUT TNI ke-79 di Provinsi Sumatera Utara. Hal tersebut menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena Lanud Soewondo dapat melaksanakan tugas tanggung jawab dengan baik dan acara pun berjalan dengan lancar. 

Bertindak selaku Inspektur upacara Komandan Lantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP. Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., yang dibacakan Danlantamal I Belawan, Panglima TNI mengatakan "Peringatan HUT kali ini mengambil tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”. Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif dalam menjaga dan mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara".   

"Setiap Prajurit dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi. Sekecil apapun sikap dan tindakan primitif akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional".

Lebih lanjut Panglima TNI juga mengatakan "Dengan semakin dekatnya masa transisi, dimana bukan hanya transisi kepindahan Ibu Kota Negara tetapi juga transisi kepemimpinan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, setiap Prajurit TNI harus tetap waspada, tidak mudah termakan dan terhasut akan adanya isu-isu yang berbau provokasi, yang berusaha memecah belah soliditas TNI, menghancurkan sinergitas TNI dengan Kementerian/ Lembaga lainnya, serta merusak kemanunggalan TNI bersama Rakyat yang telah mengakar".

Dalam peringatan upacara HUT ke-79 TNI bertindak sebagai komandan upacara Kadispers Lanud Soewondo Letkol Adm Anri Antariksa Samosir, perwira Upacara Kapten Adm Amintohari, Pengucap Sapta Marga Letda Kal Ari dan petugas penerima tanda kehormatan Satya Lencana kesetiaan 8 tahun Praka Ade.

Peringatan upacara HUT ke-79 TNI di provinsi Sumatera Utara turut dimeriahkan dengan kehadiran grup band "Radja" sehingga menambah kemeriahan acara, ribuan masyarakat turut hadir dan menyaksikan jalannya upacara dan hiburan berupa door prize bagi masyarakat yang beruntung.

Turut hadir dalam kegiatan tsb diantaranya Pj. Gubernur Sumut Agus Fatoni, Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, S.I.K., M.H., Kasdam 1/BB Brigjen TNI Refrizal, Dankosek l Medan Marsma TNI Toto Ginanto, S.T., M.A.P., M.Han., para pejabat TNI/Polri yang ada di provinsi Sumut, Purnawirawan TNI/Polri serta tokoh masyarakat. (Pen Swo).