Pengunjung Website
Hari Ini: 5,231
Minggu Ini: 130,351
Bulan Ini: 768,278
|
Jumlah Pengunjung: 7,267,035

Seskoau Gelar Simposium II Operasi Gabungan bagi Pasis Seskoau Angkatan ke-61 TP 2024

TNI AU. Lembang. Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Seskoau) melaksanakan Simposium II Operasi Gabungan bagi Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan ke-61 Tahun Pelajaran 2024. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Widya Mandala I Seskoau, Lembang, Bandung Barat pada Kamis (20/6/2024).

Simposium ini menghadirkan dua narasumber terkemuka yaitu Kadisinfolahtaau Marsekal Pertama TNI Prof. Dr. Ir. Rudy Agus Gemilang Gultom, M.Sc., CEH., CIQaR., I.P.M., dan Bapak Tuhu Nugraha Dewanto, S.I.P., M.M. Keduanya membahas teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam perencanaan operasi gabungan TNI, dengan fokus pada implementasi AI dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), serta regulasi dan arah kebijakan AI di masa depan.

Dalam sambutannya, Danseskoau Marsekal Muda TNI Eding Sungkana, S.A.B., M.Tr(Han), yang diwakili oleh Wadan Seskoau Marsma TNI Tahyodi, S.A.P., menyatakan bahwa pemahaman tentang pokok-pokok operasi gabungan TNI adalah ajaran fundamental yang harus dikuasai oleh seluruh personel untuk menjamin penyelenggaraan yang optimal. TNI terus beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk modernisasi alutsista melalui pemanfaatan teknologi AI dan informatika.

Lebih lanjut, Danseskoau menyampaikan bahwa memahami perkembangan teknologi AI dalam perencanaan operasi gabungan TNI, baik OMP maupun OMSP, sangat penting untuk menyamakan pola pikir mengenai regulasi dan kebijakan AI di masa depan.

"Oleh karena itu, melalui Simposium II ini, saya berharap para Pasis dapat menyampaikan pemikiran, ide, dan gagasan nyata serta memberikan masukan positif terhadap pembinaan kemampuan dan kekuatan TNI AU, dan memanfaatkannya semaksimal mungkin dalam simposium ini, baik sebagai moderator, notulen, maupun peserta," ungkap Wadan Seskoau saat membacakan sambutan Danseskoau.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kakordos Seskoau Marsma TNI Dr. Ir. Muhammad Zuhdizul, M.T., CIQaR., serta para pejabat, dosen, dan patun Seskoau. 

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan para Pasis dalam merencanakan dan mengimplementasikan operasi gabungan yang modern dan efektif, sejalan dengan perkembangan teknologi terkini.