Pengunjung Website
Hari Ini: 50,573
Minggu Ini: 154,438
Bulan Ini: 1,656,102
|
Jumlah Pengunjung: 10,520,492

Seskoau Melaksanakan Latihan Dan Simulasi Pemadam Kebakaran

TNI AU. Personel Sekolah Staf Dan Komando TNI Angkatan Udara (Seskoau) menggelar latihan dan simulasi penanggulangan kebakaran untuk melatih kesiapsiagan dan reaksi cepat bagi personel Seskoau apa bila terjadi bencana kebakaran. Bertempat di depan Gedung Grha Widya Dirgantara Seskoau. Rabu (26/6/2024).

Latihan dan simulasi pemadaman kebakaran ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman dan merefresh kembali para personel Seskoau tentang penyebab terjadinya kebakaran sekaligus memberikan pengetahuan dasar dalam mengatasi bahaya kebakaran dan pemadaman apinya, baik secara tradisional maupun dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) maupun Berat.

Dalam pelaksanaan simulasi ini Seskoau bekerjasama dengan Subsi Rescue Sibaseops Lanud Husen Sastranegara dibawah pimpinan Serka Subianto Ba sarban Lanud Husein Sastranegara.

Simulasi ini diawali dengan pengarahan dari Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Seskoau Lekol Adm Indra Gunawan kemudian dilanjutkan dengan dari tim Subsi Rescue Sibaseops Lanud Husen Sastranegara dengan penjelasan tata cara penggunaan alat pemadam api ringan praktek penanganan pertolongan pertama pada korban kebakaran. Setelah itu dilanjutkan dengan simulasi memadamkan api, yang diikuti langsung oleh seluruh personil Seskoau.

Serka Subianto tim dari Subsi Rescue Sibaseops Lanud Husen Sastranegara mengatakan bahwa simulasi ini bertujuan untuk melatih ketangkasan setiap anggota, khususnya dalam menggunakan alat pemadaman api ringan baik secara tradisional maupun modern. “Saya berharap personel Seskoau biasa tanggap dan mengerti tindakan apa yang harus dilakukan pencegahan awal disaat terjadinya musibah kebakaran” jelasnya

Sementara itu Danseskoau Marsda TNI Eding Sungkana, S.A.B., M.Tr.(Han)., yang diwakilkan oleh Dandenma Seskoau Lekol Adm Indra Gunawan mengatakan bahwa kegiatan simulasi penanggulangan kebakaran ini diharapkan, agar dapat mengingat kembali penggunaan peralata pemadam kebakaran (PK) yang ada di perkantoran Seskoau.

"Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena kita bekerja di lingkungan perkantoran terdapat material yang rawan terbakar serta mempunyai kewajiban untuk melaksanakan dukungan terhadap para Pasis Seskoau," ucapnya.