Pengunjung Website
Hari Ini: 257
Minggu Ini: 254
Bulan Ini: 710,715
|
Jumlah Pengunjung: 9,575,102

Seskoau Peringati Tahun Baru Islam 1446 H /2024 M

TNI AU.  SESKOAU-LEMBANG.     Personel Seskoau dan PIA Ardhya Garini CBS Seskoau yang beragama Islam mengikuti peringatan Tahun Baru Islam 1446 H /2024 M, yang  dilaksanakan di Masjid Al-Muhajirin Seskoau, Lembang, Bandung Barat, Rabu (17/7/2024).

Acara peringatan ini diawali dengan sambutan dari Komandan Seskoau Marsda TNI Eding Sungkana, S.A.B ., M.Tr.(Han)., dilanjutkan dengan siraman rohani dan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustad Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag..

Dalam sambutannya, Komandan Seskoau menyampaikan bahwa peringatan 1 Muharram 1446 Hijriah ini mengingatkan kembali pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW beserta pengikutnya dari kota Mekah ke Madinah. Hijrah ini dilakukan karena kerasnya tantangan dan perlawanan kaum kafir Quraisy terhadap ajaran Islam dan pengikut Nabi.

“Hijrah secara tekstual memang identik dengan berpindahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah. Namun ada makna yang lebih dalam yaitu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, menuju perubahan perilaku, ibadah, dan amaliah dari yang kurang baik menjadi lebih baik,” ujar Danseskoau.

Lebih lanjut, Danseskoau menekankan bahwa dalam konteks sekarang, hijrah yang harus dilakukan umat Islam adalah perubahan ke arah peningkatan ketakwaan dan keimanan yang dapat dilakukan dengan cara muhasabah atau introspeksi diri. 

"Oleh karena itu, hasil introspeksi diri harus ditindaklanjuti dengan bukti nyata atau mujahadah, sehingga sangat sesuai dengan tema peringatan Tahun Baru Hijriah kali ini yaitu Jadikan Semangat Muharam untuk Perubahan yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045," pungkasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan ceramah rohani yang disampaikan oleh Ustad Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag., yaitu mengkaji hikmah peringatan Tahun baru Islam dengan mengaktualisasikan tentang bagaimana kita bisa Hijrah dari yang tidak baik menjadi baik kemudian bagaimana bisa mensyukuri nikmat yang diberikan dari Allah SWT dan menjelaskan bagaimana ciri-ciri orang yang beriman, kemudian acara diakhiri dengan doa bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Seskoau Marsma TNI Tahyodi, S.A.P., Ketua PIA Ardhya Garini CBS Seskoau Ny. Mira Eding Sungkana, Wakil Ketua PIA Ardhya Garini CBS Seskoau Ny. Siswati Tahyodi beserta pengurus serta para Pejabat Seskoau, Dosen, Patun dan seluruh anggota Seskoau serta perwakilan Perwira Siswa Seskoau.