Pengunjung Website
Hari Ini: 5,690
Minggu Ini: 158,651
Bulan Ini: 1,703,414
|
Jumlah Pengunjung: 12,917,178

Seskoau Sukses Gelar Lokakarya Iptek Bertema Transformasi Keamanan Siber Berbasis AI

TNI AU. Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau), sebagai Center of Excellence on Air and Space Science, hari ini sukses menggelar Lokakarya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) untuk Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan 61 tahun pelajaran 2024. Acara ini diselenggarakan di Gedung Widya Mandala I, Seskoau, Lembang, Bandung Barat, pada Senin (21/10/2024). 

Dalam sambutannya, Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI Eding Sungkana, S.A.B., M.Tr.(Han), yang disampaikan oleh Wadan Seskoau Marsma TNI Tahyodi, S.A.P., menyampaikan bahwa tujuan utama dari lokakarya ini adalah untuk menjadi wadah ilmiah dalam membahas berbagai masalah spesifik sekaligus mencari solusi yang inovatif. Kegiatan ini juga diharapkan memberikan ruang bagi para pendidik dan praktisi pendidikan untuk berbagi pengalaman serta memperkaya pengetahuan. 

"Lokakarya ini merupakan kelanjutan dari Kuliah Kerja Iptek yang telah dilaksanakan pada bulan September lalu, dengan tema 'Transformasi Keamanan Siber berbasis Artificial Intelligence di Era Digital'. Seiring dengan perkembangan teknologi disruptif, penting bagi para perwira siswa untuk dapat berkontribusi dalam menentukan judul karya ilmiah strategis yang relevan dengan tantangan global saat ini," ujar Danseskoau. 

Lebih lanjut, Danseskoau menekankan bahwa tema utama lokakarya ini, "Transformasi Keamanan Siber TNI untuk Menangkal Ancaman Disruptif dalam rangka Menjaga Pertahanan Negara", dipilih untuk mendorong para Pasis agar mampu mengeluarkan ide-ide inovatif. Mereka diharapkan dapat menemukan solusi serta merumuskan konsep baru yang berguna untuk menghadapi masalah-masalah pertahanan yang semakin kompleks di era digital ini. 

Komandan Seskoau juga menilai bahwa lokakarya ini memberikan peluang penting bagi para Pasis untuk memperluas wawasan dan merumuskan gagasan strategis dalam menghadapi tantangan peperangan modern yang semakin dinamis. 

Dalam kegiatan lokakarya ini, beberapa narasumber ahli turut berpartisipasi, di antaranya Rektor Universitas Nurtanio, Marsma TNI Prof. Dr. Ir. Rudy Agus Gemilang Gultom, M.Sc., CEH., CIQaR., IPM., ASEAN Eng., Kepala Pusat Riset Kecerdasan Artifisial dan Keamanan Siber BRIN, Dr. Anto Satriyo Nugroho, B.Eng., M.Eng., serta Fungsional Madya Direktorat Operasi Keamanan Siber BSSN, Indra Adi Putra, S.ST., M.M. Lokakarya ini dimoderatori oleh Mayor Tek I Wayan Ady D., S.T., M.M., dan Mayor Kum Yeni Fitriana L., S.H., yang keduanya juga merupakan Pasis Seskoau Angkatan 61. 

Lokakarya ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai pemikiran strategis yang bermanfaat untuk memperkuat pertahanan siber TNI di masa depan.